Belanja di BukaBuku.com Yay or Nay?

Halo. Hai. Di post ini gue bakal ngereview pengalaman belanja gue di BukaBuku.com berdasarkan pengalaman gue beberapa kali belanja disitu. Kayaknya kalo kalian avid book reader/book hoarder/book worm kalian pasti tau salah satu online bookstore terbesar di Indonesia bernama BukaBuku.com!

Photo 6-6-16, 3 20 12 PM

BukaBuku sendiri kayaknya udah mulai hits sejak 2014 tapi gue personally nggak pernah tertarik untuk 'jajan' karena berbagai alasan. Pertama dan terutama, karena gue masih skeptis banget tentang dunia belanja online, takut ketipu lah, takut pesenan digondol kurir lah, takut lama banget nyampenya lah, dll. Kedua, waktu itu gue masih stay di Bandung dan di Bandung itu ada toko buku namanya Togamas yang ngejual buku/novel/dll dengan harga super murah PLUS ada diskon tambahan di jam-jam tertentu, if u want further info i'll write that on separate post, jadi gue pikir ada yang deket cepet dan harga sama ngapain beli online. Ketiga, waktu gue search online ada banyak banget review negatif dan surat terbuka di kaskus yang intinya pada bilang pesenan mereka ga sampe atau cuma nyampe sebagian.
Singkat cerita, akhirnya Maret kemarin gue coba belanja di BukaBuku.com. Yang gue beli juga buku-buku diskonan dari Mizan yang harganya gila murah banget sekitar Rp 10,000-30,000an karena gue masih amat skeptis dan ngeri pesenan gue lenyap ditengah jalan. Nah nah ini yang pengen gue ceritain as an honest review di post ini.
Jadi seperti yang terlihat di atas gue pada awalnya mesen 8 buku dengan harga yang segitu2 semua. (they still have the sale on their website for mizan books all year round btw go check them out). Lalu setelah pilih-pilih gue proceed ke pembayaran. Karena gue pake internet banking jadinya cepet di konfirmasi walaupun konfirmasi pembayarannya nggak otomatis semacam di Tokopedia.
And the horror begins. Setelah konfirmasi pembayaran gue udah di verifikasi, BukaBuku otomatis memproses pesanan gue. Beberapa buku yang gue pesen statusnya langsung berubah jadi 'siap dikirimkan' tapi yang lain statusnya masih di gudang supplier. Gue pun berkali-kali dapet email untuk reconfirm pesanan gue setiap seminggu sekali dan setiap kali gue masih klik 'tunggu' karena gue pesen dua serial, yaitu Beyonders dan HIVE. Gue gamau lah terima cuma buku pertama dan kedua atau lebih parah lagi buku kedua dan ketiga aja.
Akhirnya gue memutuskan untuk cancel aja lah setelah satu bulan menunggu buku lokal diskonan yang pengirimannya kayak dikirim dari Inggris.Jadi di email terakhir yang suruh reconfirm gue nggak mencet 'tunggu' lagi, cuma gue diemin karena di pikiran gue kalo gue ga bilang apa2 mungkin bakal otomatis cancel. But wait..
.
Yap... gue yang bodoh. Orderan gue yang ompong pun keburu dikirim ke alamat kantor gue. Pengiriman juga nggak lama semenjak gue baca email, sekitar seminggu kemudian itu buku tiba di tangan gue nggak pake nunggu lama. Tapi yang bikin gue garuk2 kepala adalah ini: Kita ambil contoh serial Beyonders, gue pesen buku ke1-3 lengkap. Buku pertama bisa langsung di confirm jadi 'siap dikirimkan' buku kedua nunggu sekitar seminggu baru dikirimkan. Nah buku ketiga ini yang kayak anak jin susah banget confirmnya dan ngendep di gudang supplier aja terus. Kalo emang stok kosong harusnya di website juga tulisannya stok kosong dong, ini di website statusnya masih tersedia bahkan sampai sekarang padahal barangnya ga dikirim2. Kecewa banget sih. Tapi yaudalah gue beli langsung di mizannya aja nanti.
DAN mungkin karena harga segitu dan statusnya barang sale jadi mungkin wajar kali yah kalo gue dapet buku yang udah nggak segel bahkan yang covernya udah lecek kali yah :( tapi tetep aja nyeri hati lah ngeliat buku lecek gitu. Yaudahlahya jadiin pembelajaran aja karena gue insyaf jajan buku Mizan diskonan.
Nah pesanan kedua ini karena gue abis baca buku Penjelajah Antariksa karya Djokolelono (i'll review that for u later) dan gue lagi nyari buku lanjutannya. Karena di TM Bookstore aja udah mehong, apalagi di Gramedia yekan (padahal penerbit novelnya Gramedia juga). Jadilah gue melarikan diri ke BukaBuku untuk beli lanjutannya. Mungkin karena penerbitnya Gramedia jadi pengiriman ke BukaBuku cepat jadi sampe di gue juga cepat. Pembayaran di konfirmasi dan di verifikasi tanggal 29 Mei dan barang tiba di BukaBuku tanggal 2 Juni.

A video posted by Anne! (@heyspica) on

Overall review gue, dan sedikit tips juga, adalah:
  1. Belanja di BukaBuku emang murah tapi harus SABAR BANGET. Harus siap nunggu MINIMAL seminggu
  2. Lihat dulu siapa penerbit bukunya karena sistem BukaBuku itu cuma menyalurkan dari Penerbit/'supplier' ke pembeli. Mereka cuma semacam distributor/pihak ketiga if you know what i mean. Jadi balik lagi ke masing2 'supplier' bisa seberapa cepat kirim barang ke BukaBuku untuk kemudian dikirim ke pembeli. Dari pengalaman gue penerbit Gramedia yang paling cepat dan trustworthy soal ketersediaan barang, paling ancur ya penerbit Mizan. gue gatau alasan mereka apa tapi siap-siap aja nunggu LAMA BANGET karena Mizan bisa kirim buku satu-satu kepisah-kepisah padahal itu buku masih dalam satu orderan. Tapi begitu buku sampe di gudang BukaBuku mereka cepet kok ngirimin orderannya
  3. sistem COD alias cash on delivery alias bayar pas kamu udh terima bukunya BukaBuku enak banget apalagi buat kamu kamu yang takut ketipu atau duit nggak kembali dll dll. Ditambah kebiasaan BukaBuku udh terkenal kirim barang kurang dari pesenan. kemarin karena gue pilih opsi COD jadi total orderan gue otomatis dikurangin dari buku-buku yang nggak ada
  4. Opsi Pick Up di kantor/gudang BukaBuku juga oke banget. Di pemesanan kedua gue memilih opsi Pick Up, lucunya di email mereka cuma mencantumkan alamat mereka itu di "Ruko Cempaka Mas, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jakarta, Indonesia". Secara Ruko Cempaka Mas gede banget ya plis -.- gue email csnya nggak ada respon sama sekali. akhirnya dengan bantuan Google gue menemukan shady website dengan alamat lengkap, karena gue udh frustasi jadi gue percaya ajalah. Alamat lengkap BukaBuku itu di "Ruko Cempaka Mas, Blok M, No. 50, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jakarta". You're welcome
  5. Baca email dari BukaBuku di inbox email kamu yang lengkap dan teliti yah biar ga salah lagi kayak gue kemaren :')
  6. Harganya murah. Itu udah pasti banget. Lebih murah banget di banding bookstore di Jakarta. 
Overall gue rasa cukup oke dengan pelayanan dari BukaBuku.com walaupun gue ga ada masalah atau kontak langsung dengan costumer service mereka. Mungkin kalo iya ceritanya bakal beda kali yah heheheh jadi review gue adalah : yanayanayan? heheheh i'm not sure. Intinya gue masih menganggap BukaBuku.com atau online bookstore sejenisnya as the last resort kalo buku yang gue pengen banget nggak ada dimana-mana or kemahalan.
Tell me your review/opinion/pengalaman/curhat/keluhan kalian tentang BukaBuku.com di comment section yah! What do you think?
See you soon!

Share:

0 comments