Lambemu ituloh, mas...

HHHH oke izin rant sedikit yah... gue biasanya jarang banget nulis out of raw emotion like this, tapi kali ini asli sih i need to vent these thoughts.

Jadi buat beberapa dari kalian yang udah kerja pasti memahami dinamika sosial di kantor. Ada yang seumuran, gue termasuk yang millenials, & we get each other. mungkin karena mentalitas 'anak bawang' kali yah jadi we just clicked without much drama...
ada juga kaum om-om garing yang becandaannya menjurus ke 'jorok' tapi diketawain aja seakan lucu padahal mah YEU gue sumpel busa beha juga tuh lambe...
ada juga mba/ibu sosyalitah yang uhhhh obrolannya udah langit-bumi banget deh sama kaum jelata semacam gue...

tapi cuma satu, satu golongan orang yang bikin gue gereget banget sampe segini keselnya.
orang yang dikit-dikit ngeluhin kerjaannya.
ngeluhin as in, every fuckin five minutes! aduh yaTuhan...
Kalian tiap solat/doa minta dehya supaya dijauhin duduknya dari orang-orang golongan ini di kantor. let me tell you why.

Jadi ada sesosok manusia di kantor sebut sajalah namanya Roy, doi duduk di depan meja gue dan kantor gue termasuk open space yang dari satu meja ke meja lain nggak ada separatornya gitu. katakanlah kerjaan dia sebagai project manager, nelponin klien, ngecekin staff dkk dkk
gue sendiri nggak pernah nanganin jobdesk kayak gitu, tp gue juga tau kali gimana lah relasi ke klien ngejerin dokumen dkk

biar gue ceritain kelakuan si Roy dari sejak tiba di kantor sampe pulang.
Jadi dia tiba di kantor nih biasanya yang keluar dari mulutnya nggak jauh dari
"haduhhhh panas bgt dijalan..." atau "hhhhh macet bgt parah..." atau "jir kerjaan gue banyak banget hari ini..."
terus biasanya sekantor ga ada yang nanggepin tuh karena udah eneg anyeng tiap hari tiap pagi disapa gituan kesel ga sih lu

terus beliau mulai lah ngerjain jobdesk beliau, terus telepon2 klien/vendor/prospek/presiden/dukun/bodoamat trs nyocot deh tuh lambe kenceng bgt yang sekantor kudu aware 'oh... doi lagi kerja...'
terus beliau selesai telepon tuh, udah yekan kirain lanjut ke jobdesk selanjutnya nih. INI TUH NGGA.
gagang telepon ditutup - langsung disambut keluhan - "hhhh anjir males banget gue ngejerinnya...." atau "ah elah bacot doang lu tp dokumen ga turun2" atau "hhhh nambah lagi kerjaan gue"

yaallah... kurang yah cobaan gue naik commuter line tiap pagi...

okeh. kelar satu klien/vendor/prospek/presiden/mak erot/bodomat tuh dia telepon, lanjutlah nelepon yang laen. BELOM NELPON NIH udah ngeluh duluan
"aduh males bgt nih gua nelponin nih orang... sibuk mulu..." atau "nih awas aja gue telepon iya2 doang tp PO ga keluar2 juga..."
tapi gitu teleponnya diangkat sm tuh orang intonasinya langsung berubah seribuderajatfahrenheit semanis gula curah abang2 es depan SDN
"halo pak... gimana kabarnya nih pak?? heheh iya pak... alhamdulillah... lagi apa nih pak??"

YATUHAN INGIN BERKATA KOTOR

lalu lanjutlah percakapan beliau dengan sang klien/vendor/prospek/presiden/kang somay/bodoamat selama beberapa menit masih dengan volume yang bahkan ga ketutup sm headset+spotify.
sepanjang percakapan via landline itu gue mencoba mendengarkan streaming khotbah Pendeta Gilbert agar supaya teringat ajaran2 surgawi yang membawa kedamaian dalam hati jiwa raga...
tapi gitu buka headset terus denger suara doi ya balik emosi lagi...sama aja jir

oke itu perkara telepon, sekarang perkara mau buka file kerjaan. BARU MAU BUKA LOH YA.
"aduhhh yang ini kemaren mintanya apa yah..." atau "hih ni laptop lemot amat sih" atau "aduhhh banyak banget kerjaan gue ga selesai2"
WELL BITCH MUNGKIN SEMUA KERJAAN LO UDAH KELAR SEANDAINYA COCOT LO GA KEBANYAKAN NGELUH (maaf bgt maafin Anne sudah kasar yaTuhan maaf TT_______TT)

ulangi step di atas sampe jam pulang, enam jam sehari, lima hari seminggu, empat minggu sebulan...

udah gitu giliran si Roy ngasih kerjaan ke gue nih. PALING GABISA VIA EMAIL.
sekali duakali awal2 doi ngasih kerjaan ke gue manggil2 sampe gue noleh terus dengerin dia, masih gue ladenin. dan setiap kali doi ngomongin kerjaan selalu gue tutup dengan "iya oke... lo email ke gue ya rinciannya... attach sekalian PO/Proposalnya" dan setiap kali muka doi langsung ketekuk gue bilang gitu.
sekarang gini, posisi gue mewajibkan gue untuk teliti dan detail di setiap kerjaan gue. Doi minta kontrak/revisi kontrak tp dari mulut doang. lha kalo gue kececer satu kata trus tuh proyek dari tadinya jualan IT solution jadi jualan rempeyek udang gimana? siapa yg mau tanggung jawab?
awal2 juga gue masih ngerasa nggak enak udah ngetusin doi. lama kelamaan kesehatan mental gue yaRabb...
sampai pada akhirnya ketika gue ngerjain proyekan lain dan pake headset, gue tau doi manggil2, orang keliatan depan gue jir. kalo bisa orang pura2 buta gue udh pura2 buta, tapi gue coba pura2 serius smp ga nyadar doi udah gelepar2 manggilin gue kek ikan lele kepatil.
doi pun kemudian chat whatsapp gue, itupun gak langsung gue baca (kan gue lagi akting serius, inget? padahal mah yeu lagi baca ramalan bintang)
terus udah kan tuh gue bales, terus doi makin salty dan makin ngeselin telepon suara digedein, gue chat nanya kerjaan (PADAHAL DIA YANG BUTUH 8657) ga dibales...

yapenjaga pintu kubuuuurrrrrrrr....
dan itu terjadi di hari Senin yang panjang ini sodara-sodara, rasanya gue hari ini menghela nafas kayak penderita asma kronis yang kudu ngisep inhaler saban sejam sekali...
kalo kesabaran buat mantan ada batasnya, kayaknya ini udah ngelewatin batas itu banget (kokcurcolanjirhahahah)

semua orang di kantor punya jabatan masing2 dengan roles&responsibilities masing2. semua orang sibuk, iyalah karena perusahaan bayar mereka buat kerja. yang sibuk bukan sebijik lo doang.
Oke gue ngerti, paham banget pentingnya team work, apalagi buat proyekan. Seluruh kerjaan gue yang doi request selalu gue kerjain paling lama dua hari dan sesuai dengan request dgn spec kayak di PO/Proposal yang doi kasih. kalo urgent juga gue kelarin hari itu juga, gue pending yang rada nggak urgent. intinya gue tau lah kerja kantoran tuh gimana.
gue gak pernah ada masalah soal team work sm org lain di kantor kecuali sama si bijik Roy ini.

mbokya SABAR jadi manusia tuh. kerjaan gue bukan proyekan sebijik PM doang, ada PM lain, ada anak perusahaan lain, ada sister company lain, semua gue handle sendiri bisa2 aja ASAL SABAR.
Gue nge-rant gini juga karena gue udh empet banget sm si Roy ini tapi gue gamau kualitas kerjaan gue turun karena ketidaksukaan personal gue ke beliau. Kerjaan gue tetep kudu bagus despite PMnya kayak kerak tai kuda.

Gue cm pengen menghimbau teman2, orang2 yang mbaca rant gue ini tuh kalo jadi manusia wajar ngeluh, wajar capek, tapi kontrol. tau tempat, tau waktu, tau situasi.
Gak setiap saat kesusahan lo bisa lo ungkapkan. Gue sendiri yang daritadinya nggak merasa kerjaan gue berat atau stressfull lama2 jadi ngerasa berat juga karena ngeliat doi setiap saat ngeluh.
Gue juga jadi latah pengen ngeluh terus. Gue juga sebagai makhluk sosial yang masih punya empati jadi ikut ngerasa lelah. Lelah dengerin keluhan doi dan lelah dengan kerjaan gue sendiri.
Gue butuh banget konsen baca dokumen kerjaan gue, salah sedikit impactnya gede. Sentilun2 keluhan beliau tuh terus terang distract bgt bikin susah mikir karena gue keburu ikut emosi tiap beliau ngeluh.

just saying, kalo udh masuk kantor, kerja gedungan tuhya attitude juga perbaikin. professional sedikit. sikap lo di kantor amat sangat berpengaruh sama coworker2 lo, bahkan perusahaan in a long run. so please, kerja 9 jam sehari itu butuh toleransi tingkat tinggi untuk survive. We all are struggling to finish our own jobdesk. aware of your surounding you fuckin ignorant bitch

Share:

0 comments